Bagi Anda para pemain Dota Underlords, Teamfight Tactics, atau game autobattler lainnya yang berniat untuk mencoba Hearthstone Battlegrounds, berhati-hatilah. Game serupa ini tidak akan sama dengan permainan autobattler lainnya yang sudah pernah dicicipi sebelumnya.
Dalam memulai bermain Hearthstone Battleground, Anda harus terlebih dahulu menghapus banyak pola pikir yang telah merasuki jiwa dan pikiran dalam memainkan game autobattler sebelumnya untuk bisa memahaminya. Pasalnya, game autobattler pertama garapan Blizzard ini memiliki beberapa perbedaan besar dalam hal gameplay.
Blizzard sebagai pengembang bisa dibilang gemar membuat para pemain untuk menentukan keputusan-keputusan yang harus diambil dalam memainkan game-game garapan mereka. Seperti halnya pada game Heroes of the Storm, mereka menghapus mekanisme kustomisasi terbuka seperti yang ada pada game MOBA lainnya demi talent trees terbatas.
Mereka juga telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menambahkan penyesuaian gameplay baru untuk Overwatch. Hal-hal seperti ini juga yang mereka terapkan dalam mendesain Hearthstone Battlegrounds.
- Blizzard tengah garap prototype Hearthstone VR
- Jelang Hearthstone Master Tour Indonesia 2020 di Bali, Ularpetarung dan Joth703 Gagal bersinar di Arlington
Berikut tiga perbedaan utama yang ada dalam Hearthstone Battleground:
Punya banyak opsi, tetapi sedikit pilihan
Di awal setiap pertandingan, Anda dapat memilih 24 hero berbeda, atau Bos, karena terminologi dalam permainan belum ditetapkan. Bersama hero pilihan sebagai avatar, Anda dapat bertarung dengan merekrut minion dari 81 daftar berbeda yang tersedia. Hal ini terlihat seperti Anda akan memiliki banyak pilihan dan kebebasan dalam gaya bermain, tetapi faktanya tidak seperti itu.
Pertama-tama, Anda hanya dapat memilih satu di antara dua hero secara acak untuk bermain di setiap pertandingan. Anda dapat meningkatkan pilihan tersebut menjadi tiga hero dengan memperoleh setidaknya 20 paket kartu Hearthstone.
Masalah sebenarnya adalah hero apa pun yang Anda dapatkan untuk bermain akan secara dramatis mempersempit cara Anda menjalani sisa pertandingan. Secara desain, kebanyakan hero yang ada dalam Hearthstone Battleground akan mengunci pilihan gaya bermain Anda.
Hero-hero seperti The Rat King, Lord Jaraxxus, Millificent Manastorm, dan Giantfin pada dasarnya menentukan berapa banyak jumlah minion yang bisa Anda beli pada setiap putaran. Bahkan jika Anda beruntung dan mendapatkan hero yang fleksibel seperti Infinite Toki di awal permainan, minion-minion yang Anda pilih dalam beberapa putaran pertama akan secara bertahap mempersempit pilihan Anda. Hal ini dikarenakan ada banyak buff minion yang hanya diperuntukkan bagi tipe-tipe tertentu.
Mekanik ekonomi berbeda
Membeli pieces di game autobattlers kebanyakan mirip dengan awal permainan random number generator (RNG). Hearthstone Battlegrounds pun tidak menjadi pengecualian. Namun, untuk membeli minion-minion yang ada, Anda harus memiliki koin.
Sama seperti dalam game autobattlers lainnya yang benar-benar memisahkan para “autoboy” dari “automen” adalah dalam hal mengelola ekonomi yang kuat. Di Hearthstone Battlegrounds, hal ini sedikit berbeda.
Sebagai permulaan, mekanisme ekonomi di Hearthstone Battlegrounds disederhanakan. Semua unit diberi harga yang sama untuk dibeli, yaitu 3 koin, dan 1 koin sebagai hasil penjualan kembali.
Tampak tidak ada perbedaan dengan game autobattler lainnya, tetapi dengan melakukan upgrade Tavern Tier (istilah peningkatan level versi Hearthstone Battlegrounds) akan meningkatkan price tag. Jika Anda menunda untuk melakukannya, harganya akan turun.
Selain itu, banyak hero memiliki harga koin yang terkait dengan kemampuan mereka. Jadi, tentu akan ada banyak trik ekonomi baru di Hearthstone Battlegrounds yang perlu untuk dipelajari.
Penempatan minion dan scouting
Penempatan minion adalah salah satu keunggulan Hearthstone Battlegrounds dan bisa dibilang menawarkan lebih banyak pilihan taktis kepada para pemain ketimbang game-game autobattler lainnya.
Ketimbang grid, Hearthstone Battlegrounds menggunakan minion ordering sebagai mekanik penempatan mereka dalam bermain. Ketika ronde pertarungan dimulai, minion akan mulai bekerja, dimulai dari yang paling kiri dari setiap pemain dan menyerang lawan secara acak. Akses yang luas kepada Taunt serta minion-minion dengan efek Deathrattle menjadikan penempatan ini sangat penting dan membuat game menjadi lebih menyenangkan.
Hal berbeda lainnya yang diterapkan Blizzard pada Hearthstone Battlegrounds adalah scouting. Para pemain akan selalu tahu lawan mana yang akan dihadapi pada putaran berikutnya dan memungkinkan mereka untuk merencanakan pembelian minion untuk memanfaatkan kemampuannya dengan lebih baik.
Hal ini juga yang memungkinkan para pemain bisa mengatur para minion mereka secara lebih taktis lagi untuk menghadapi lawan, ketimbang hanya berharap sesuatu yang terbaik.
BACA JUGA: Tirion atau Millhouse, siapa yang layak dimiliki dari dua hero baru di Hearthstone Battlegrounds?