Genshin Impact telah diterima sangat baik sejauh ini. Baru enam hari berlalu sejak game open world RPG ini memulai debutnya di PC, PS4, dan perangkat seluler, tetapi menurut analis industri, game tersebut telah menjadi game asal China tersukses dalam hal peluncuran global.

Dalam laporan dari The South China Morning Post terungkap betapa suksesnya game ini di dunia internasional. Sebelum diluncurkan, Genshin Impact berhasil mendapatkan lebih dari 21 juta pra-registrasi di semua platform – 16 juta di antaranya berasal dari penggemar di China saja. Pencapaian tersebut diikuti oleh kesuksesan lainnya dengan menjadi game yang paling banyak dilihat di Twitch pada hari peluncurannya, mengumpulkan lebih dari 110.000 penonton secara bersamaan.

Sejauh ini, game ini juga telah mendapatkan pendapatan fantastis, terutama di China. Menurut perusahaan pemantau aplikasi Qimai Data, Genshin Impact sudah menjadi aplikasi terlaris kedua di Apple App Store versi China, melampaui aplikasi media sosial populer TikTok. Perusahaan memperkirakan bahwa game tersebut telah menghasilkan lebih dari US$1,84 juta AS di iOS saja.



Satu hal yang jelas adalah miHoYo selaku pengembang telah mengerahkan semua kemampuannya dalam pengembangan dan pemasaran. Laporan South China Morning Post menyatakan Genshin Impact memiliki anggaran sekitar US$100 juta, yang sebagian besar digunakan untuk mempromosikan Genshin Impact ke luar negeri. Sekarang setelah investasi mulai membuahkan hasil, analis yang diwawancarai oleh The South China Morning Post mengatakan ini adalah tanda bahwa perusahaan game China sudah bisa setara dengan perusahaan asal Jepang, Amerika, dan Eropa yang notabene merupakan pemain terbesar di industri game dunia.

Sebelum diluncurkan, game ini tidak menunjukkan potensi kesuksesan internasional. Saat pertama kali diumumkan, kemiripannya dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild meninggalkan kesan buruk bagi banyak gamer. Selain itu, penggunaan sistem gacha untuk membuka karakter baru juga tidak diterima dengan baik di barat. Mengingat hal tersebut, kesuksesan Genshin Impact saat ini sangatlah mengesankan.

Menurut Serkan Toto, CEO dari konsultan industri game Kantan Games Inc., Genshin Impact berpotensi menjadi “super hit” dalam jangka panjang. Game tersebut telah dikonfirmasi akan hadir di Nintendo Switch, dan miHoYo baru-baru ini menyatakan bahwa mereka berencana mendatangkan game tersbut ke konsol generasi selanjutnya. Hal itu tentunya bisa menjadi pemicu datangnya kesuksesan lain untuk Genshin Impact.

BACA JUGA: Game JRPG “Fairy Tale” kembali ditunda